Menu
Categories
Cara mengatasi Log mikrotik merah “login failed”
October 27, 2016 Jaringan

Penyebab

mungkin sebagaian dari kita pernah menemui atau sedang menemui pada log mikrotik ada banyak baris merah , apabila yang tertulis login failed, biasanya melalui ssh , telnet atau ftp . jadi penyebabnya adalah seseorang atau beberapa orang melakukan percobaan login, bisa manual maupun bisa menggunakan software.

hal tersebut tidak masalah apabila resource dari mikrotik kita bagus :), akan jadi masalah apabila resource dari mikrotik kecil , misal contoh punya saya rb450 bukan 450G , rb450 saya mempunyai resource ram dan prosesor yang kecil dengan didalamnya konfigurasi yang cukup lumayan banyak.

login failed yang bersumber dari lebih dari satu dan banyaknya login beruntun bisa membuat router saya bengon dan restart tiba tiba.

Cara mengatasi

Cara mengatasinya cukup mudah ada dua cara :

  1. Disable servis ssh , telnet dan ftp, ini bisa dilakukan pada meny “ip – service ” dan disable service ssh, telnet dan ftp
  2. mengganti port service nya, masuk pada “ip – service ” dan edit port sesuai keinginan. ini dilakukan apabila anda suka mengakses mikrotik melalui ssh maupun telnet.

kedua cara di atas tidak menyebabkan masalah pada kinerja  mikrotik. semoga membantu.

 

*